Sabtu, 26 Juni 2010

"BROS" DARI BAHAN PLASTIK BEKAS



Peralatan :

  1. plastik bekas (mis : sikat gigi bekas, sisir bekas, dll)
  2. sendok bekas (atau bisa pakai cetakan lain yang tahan api)
  3. api (pakai lilin)


Cara kerja :
  • Pertama: Plastik bekas sikat gigi, sisir, dan sejenisnya dipotong menjadi ukuran kecil-kecil. Kalau susah ditumbuk saja. Pilih warna plastik yang bermacam-macam, warna-warni. Boleh saja satu warna, terserah kemauan kita. Merah saja, putih saja. Atau campuran dua atau tiga warna.
  • Kedua: Taruh potongan-potongan kecil plastik dalam sendok. Sebelumnya sendok diisi sedikit minyak goreng (sedikit saja, atau dioles secukupnya).
  • Ketiga: Jangan lupa menyiapkan air dingin dalam wadah kobokan atau tempat cuci tangan, yaitu untuk mendinginkan plastik yang telah meleleh.
  • Keempat: Nyalakan lilin, lalu taruh sendok yang telah berisi potongan-potongan plastik di atas nyala lilin. Atur jarak api dengan sendok agar cukup panas, tetapi tidak sampai api menjilat plastik dan terbakar. Kalau terbakar, artinya sama saja kita membakar plastik dan akan berasap hitam mengandung racun dioksin.
  • Kelima: Plastik mulai meleleh. Kalau diukur, kira-kira suhunya sekitar 200 derajat Celcius. Bila telah meleleh semua, segera sendok dimasukkan ke dalam air dingin yang telah disiapkan. Plastik yang meleleh akan segera membeku dan lepas dari sendok. Kalau belum lepas, tekan dengan ibu jari supaya lepas. Jadilah bentukan sesuai cembungan sendok, berwarna sesuai pilihan kita.
catatan :
plastik bekas ini bisa juga diganti dengan kantong-kantong plastik yang sudah tidak dipakai kemudian digunting kecil-kecil (lembut).
Selamat mencoba !!!
http://wartinimurong.wordpress.com

2 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks infonya sangatbermanfaat sekali

Unknown mengatakan...

agak bingung buatnya heheh
3 Contoh Kerajinan Tangan Dari Sendok Plastik Dan Cara Membuatnya

Posting Komentar

 

Kreasi Bunda © 2008. Design By: Kreasi Bunda