Jumat, 22 Juli 2011

HIASAN PERAYAAN 17 AGUSTUS



  • AIR WARNA-WARNI
  • BALON WARNA-WARNI
  • TAMPAH MERAH PUTIH
  • CAPING MERAH PUTIH
  • SEPEDA HIAS
  • PITA MERAH PUTIH
  • HOLA HOP HIAS
  • GELAS PLATIK HIAS
  • HELM PRAJURIT DARI MANGKUK PLASTIK
  • PERHIASAN MERAH PUTIH
  • HIASAN BERAS DAN CABE


AIR WARNA-WARNI

Beli kantong plastik kecil yang biasa dipakai untuk berjualan es. Isi dengan air yang sudah dicampur dengan pewarna. Lalu gantungkan kantong-kantong ini di dahan pohon. Niscaya suasana menjadi semarak, agar aman untuk anak kecil, gunakanlah pewarna makanan dan air matang. ibu juga dapat menggantungkan kantong ini di pohon bambu yang sudah dicat merah putih.

BALON WARNA-WARNI

Belilah balon berwarna merah dan putih di pasar atau toko peralatan pesta. Setelah ditiup, balon bisa digantung atau ditempel di segala penjuru rumah. Hindari meletakkan balon ditempat yang langsung terkena panas matahari karena balon bisa meletus dengan mudah. Untuk menambahkan kemeriahan, balon dapat ditempeli pita atau ditulisi dengan krayon, cat air, dan spidol sebelum ditiup.

TAMPAH MERAH PUTIH

Tampah yang biasa dipakai untuk menampi beras kali ini memiliki fungsi istimewa. Dalam perayaan ulang tahun Indonesia. Ibu bisa mengecat bagian belakang tampah dengan warna merah putih. Tambahkan juga tulisan dan angka yang menandakan usia negara tercinta kita ini. Setelah cat kering, gantunglah tampah di depan pintu atau dinding. Tampah yang semula terlihat standar dengan warna cokelatnya kini terlihat "hidup" dengan warna merah putih.

CAPING MERAH PUTIH

Caping yang identik dengan petani bisa dihias menggunakan cara yang sama dengan tampah. Warnailah bagian atas hingga tengah caping menggunakan cat merah dan sisinya dengan cat putih. Lengkapilah dengan tulisan, angka atau gambar.

SEPEDA HIAS

Jika anak memiliki seperda, hiaslah dengan menggunakan kertas krep. Kertas ini sangat mudah di dapatkan di pasar, toko kertas, atau toko buku. Harganya murah dan warnanya pun bermacam-macam sehingga ibu dan anak bisa dengan leluasa memilih. Anak biasanya suka warna ceria. jadi hiaslah sepedanya dengan kertas krep merah muda, biru, kuning, dan lain-lain. Kertas krep ini bisa ditempel atau dililitkan di antara jari-jari roda, tapi jangan menempelnya di bagian rantai yah, Bu? salah-salah kertas krep bisa menghambat laju sepeda. tambahkan juga bendera plastik di bagian depan sepeda.

PITA MERAH PUTIH

Pita memiliki banyak fungsi, tidak hanya bisa digunakan pada rambut atau kado. Belilah pita warna merah dan putih dengan berbagai ukuran. Ikatlah keduanya, lalu dengan menggunakan satu sisi gunting atau penggaris, tariklah bagian ekor pita dari ujung sampai akhir hingga tergulung. setelah itu tempelah pita di berbagai tempat. contohnya di bagian belakang kursi, sisi meja, depat pintu, pakaian, tangga dan lain-lain.

HOLA HOP HIAS

Ibu mungkin tahu benda bernama hola hop. Benda ini terbuat dari rotan, berbentuk melingkar, dan dipakai dengna cara digoyang-goyangkan dipinggang.Hola hop banyak dipakai sebagai alat permaianan dan juga kesehatan. Nah, untuk perayaan 17 Agustus, hiaslah Holahop dengan kertas krep merah putih. Ibu bisa melilitkannya di sepenjang lingkaran. Setelah itu ibu dan tetangga dapat memasangnya tali di dahan dua pohon yang saling berhadapan dan menggantung hola hop disana. agar hiasan tambah meriah, gantung juga bendera plastik di sepanjang tali. mungkin bisa dibuat beberapa hola hop di sepanjang jalan perumahan ibu.

GELAS PLATIK HIAS

Gelas platik seperti gelas air mineral kemasan banyak dijual di pasar. Bila Ibu dan warga perumahan sekitar ingin mengadakan acara, ibu bisa membeli gelas ini dan mengecatnya dengan warna merah dan putih di bagian luarnya.Merah disisi atas dan putih disisi bawah. Ibu juga bisa menambahkan lukisan lukisan sederhana karya ibu sendiri. Sebaiknya setelah usai digunakan, gelas-gelas ini tidak dibuang sembarangan dan dikumpulkan. Selain turut menjaga lingkungan, Ibu juga bisa mendapatkan tambahan pemasukan dari hasil penjualan gelas ini ke tukang loak atau pendaur ulang.

HELM PRAJURIT DARI MANGKUK PLASTIK

kadang kala sekolah anak kita mengadakan sandiwara mengenai perjuangan prajurit Indonesia merebut kemerdekaan. bila anak kita mendapatkan peran sebagai prajurit, kita bisa membantunya memberikan helm prajurit istimewa. Belilah mangkuk platik transparan di pasar, kemudian cat dengan warna merah putih. Karena mangkuk akan dipakai terbalik (bawah menjadi atas), maka bagian dasar hingga tengah mangkuk yang dicat berwarna merah, sisanya warna putih. lalu lubangilah mangkuk di bagian sisi dan ikatkan benang. Helm prajurit pun siap dipakai!

PERHIASAN MERAH PUTIH

Ibu bisa tampil gaya di acara kemerdekaan dengan mengenakan perhiasan karya sendiri. Belilah manik-manin platik berwarna merah dan putih di pasar, lengkap dengan benang nilon, dan kait. Tentukan apa yang akan ibu buat: kalung atau gelang, ibu pun bisa menentukan panjang benang yang diperlukan dan ikat salah satu uungjua. Setelah itumasukkan manik-manik secara selang-seling" merah, putih, merah, putih. saat manik-manik sudah mencapai panjang yang diinginkan, ikat juga ujungnya yang lain dan pasangkan kait.

HIASAN BERAS DAN CABE

Hiasan ini sangat mudah dan cepat dibuat, serta unik. Carilah mangkuk plastik kecil. Jika tidak ada yang berwarna putih, usahakan yang transparan. isilah mangkuk hingga penuh dengan beras putih. lalu tancapkan cabe merah secara terbalik (pangkal dibawah). Jangan tancap cabai terlalu ke dalam. beras harus berwarna putih bersih, sementara cabai berwarna merah terang sehingga akan terlihat perbedaan warna yang nyata. buat hiasan ini lebih dari satu mangkuk dan sebarkan di berbagai tempat di rumah : di tangga, meja atas televisi dan sebagainya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kreasi Bunda © 2008. Design By: Kreasi Bunda